Aktivitas Outbound

Outbound adalah satu aktivitas yang dikerjakan di alam terbuka atau outdoor dengan lakukan beragam jenis simulasi permainan outbound yang dikerjakan dengan grup atau tim. Di kota malang ini ada juga tempat yang sediakan sarana outbound seperti outbound di batu malang.

Histori Outbound

Aktivitas outbound ini yaitu aktivitas untuk pengembangan diri seorang serta pengembangan tim di alam terbuka. Menurut histori Outbound ini telah ada pada sekitaran th. 1941 yang pertama diselenggarakan oleh seseorang tokoh pendidikan dari bangsa Jerman yaitu DR. Kurt Hahn. Beliau juga membangun satu instansi pendidikan outbound yang di bantu oleh Lawrence Holt yang mana beliau yaitu seseorang entrepreneur kapal. Beliau membangun satu sekolah dengan nama Outward Bound yang mempunyai tujuan untuk melatih fisik dan mental beberapa pelaut muda untuk hadapi pelayaran waktu di lautan atlantik yang mana itu inggris ikut serta perang dunia II ketika itu. Kursus outbound waktu itu memakai aktivitas berupa mendaki gunung dan petualangan di lautan. Aktivitas outbound mulai berada di Indonesia sekitaran pada th. 1990 dengan nama Outward Bound Indonesia, tetapi dengan berjalannya waktu instansi pendidikan outbound ini semakin banyak dengan kelengkapan perlengkapan yang berlainan.

Tujuan serta Manfaat Outbound

Tujuan outbound yang paling penting yaitu untuk melatih beberapa peserta aktivitas outbound supaya bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada di sekelilingnya guna membuat sikap profesionalisme dan kemampuan yang dikerjakan juga akan makin baik. Diluar itu aktivitas outbound juga memberi kita beragam manfaat. Berikut manfaat outbound :

  1. Menjalin hubungan silahturahmi antar peserta kegiatan outbound.
  2. Menghilangkan rasa capek dan jemu dari rutinitas keseharian kita.
  3. Memperoleh pengetahuan tambahan dan motivasi hidup
  4. Lebih dekat dengan alam yang berada di sekitaran kita.
  5. Membangun sikap yakin diri

Jenis – jenis Outbound

Jenis jenis outbound menurut dari permainan outboundnya mencakup outbound anak dan outbound dewasa. Outbound anak sendiri adalah satu aktivitas outbound yang dikerjakan oleh anak yang mulai berusia 5 th. sampai dengan usia 15 th., outbound anak ini mempunyai tujuan seperti membangun kepercayaan anak, keberanian dan kreativitas anak. Outbound dewasa yaitu satu aktivitas outbound yang dikerjakan oleh orang dewasa yang berusia lebih dari 17 th., untuk outbound dewasa memiliki beragam macam permainan yang satu diantaranya bisa menguji adrenalin seperti arung jeram atau rafting, flying fox dan banyak yang lain.

Untuk macam macam outbound menurut type permainan outboundnya juga terdiri jadi 2 yaitu outbound soft skill dan outbound hard skill. Outbound soft skill adalah aktivitas outbound untuk pengembangan personal ataupun interpersonal. Untuk permainan outbound soft skill ini adalah game yang didesain tidak untuk memakai fisik yang terlalu berlebih, sedang outbound hard skill adalah aktivitas outbound untuk ketrampilan atau penguasaan satu bagian supaya gampang dikerjakan serta di terapkan. Umumnya outbound hard skill ini dibutuhkan yang namanya suatu kecepatan dan ketepatan untuk mengerjakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *